Benarkah Iklan CPM Membuat Pengunjung Blog kabur ?

Seorang blogger pasti ingin blognya menghasilkan pendapatan. Ya walaupun pertama buat blog itu hanya sekedar hobi, atau ingin berbagi saja, tapi tidak bisa di pungkiri kalau pemilik blog juga ingin agar blognya bisa menjadi sumber uang.

Salah satu agar blog bisa menghasilkan uang adalah dengan memasang iklan di blog. Dengan kita menjadi penerbit iklan di berbagai jaringan iklan, entah itu lokal maupun luar. Dan biasanya jenis iklan pun berbeda-bada, ada yang:
  • PPC (Pay per Click) = di bayar per klik
  • CPM (Cost per Million) = di bayar setiap kunjungan halaman
  • dan masih banyak lagi.
Tapi ngomong ngomong tentang salah satu jenis iklan di atas,  apakah CPM itu jenis iklan yang membuat pengunjung blog kabur ?. Tentu saja jika saya katakan "YA" agan pasti tidak sepenuhnya, tapi mungkin setalah agan baca dengan benar, pasti agan tahu.

Iklan CPM membuat pengunjung blog kabur ?

Iklan CPM membuat pengunjung blog kabur ?


Menurut dari survey yang saya lakukan melalui beberapa blog yang saya kelola, dan saya pasang iklan jenis CPM, memang ada perubahas drastis yang di alami oleh blog yang saya kelola. Itu di lihat dari Google Webmasters Tools, yang perinciannya memang sangan oke.

Ini adalah analisis penelusuran blog saya dari detail Google Webmasters Tools setelah di pasang iklan CPM.
Bagaimana ? Turun drastis banget kan ? Dari 5000 total klik turun sampai 2000 klik. Sungguh sangat gurih gurih enyoy :(.

Total klik turun pasti ada sebabnya. Yup, sebabnya adalah status index blog saya menurun.


Lihat kan, yang berwarna merah itu ? Itu adalah akibat dari pasang iklan CPM. Dan bisa agan perhatikan dari 2 gambar di atas. Setelah saya copot itu iklan CPM, ada sedikit peningkatan, walaupun sedikit.

Alasan kenapa iklan jenis CPM bisa buat pengunjung blog lari

1. Redirect

Redirect ? Yup, pengunjung bukan lari sendiri, tapi 'di paksa' lari ke halaman web lain. Dan biasanya orang yang ke redirect ke halaman lain, yaitu pengunjung yang memakai ponsel Android.

2. Iklan menghalangi tulisan

Biasanya iklan jenis CPM ini ada yang pop-up, yaitu muncul di atas ketika me-reload halaman. Dan pastinya iklan itu menghalangi postingan, akhirnya pengunjung males untuk baca, dan pada akhirnya pengunjung lebih milih artikel blog lain yang tanpa iklan.

3. Sangat mengganggu

Yah, bukan jenis iklan CPM yang sangat menggangu, tapi anakan dari CPM seperti pop-up, popunder, tabunder, dll. Dan anakan CPM yang sangat menggangu yaitu ketika pengunjung meng-klik sebuah link, lalu tiba tiba membuka jendela baru yang amat banyak, dan itu sangan menjengkelkan. Kenapa tahu itu menjengkelkan ? Karena itu true story gue :).

4. Mengandung Malware

Ini nih yang sangat berbahaya bagi blog kita. Iklan CPM yang kita pasang di blog, itu mengandung virus atau malware. Dan ini adalah faktor yang paling utama yang menyebabkan pengunjung menurun drastis. Karena blog kita mengandung malware, jadi google menganggap blog kita buruk, dan akhirnya blog kita di cekal oleh google.

Tidak semua penerbit iklan CPM itu membuat pengunjung kabur

Tenang saja kawan, jangan segitu mudahnya meninggalkan jenis iklan yang satu ini, yaitu CPM. Karena tipe iklan ini lah yang paling menguntungkan, karena kita di bayar per kunjungan halaman.
Karena tidak semua penerbit iklan yang menyediakan iklan CPM yang membuat pengunjung blog kabur. Ada juga iklan yang tidak mengandung malware dan tentunya tidak membuat pengunjung blog turun drastis, yaitu PopCash. Untuk agan yang berminat dengan penerbit iklan yang satu ini, silahkan baca cara menjadi penerbit iklan di popcash.

Kesimpulan

Jadi intinya, iklan jenis CPM itu memang dapat membuat pengunjung blog lari, karena bisa jadi iklan itu mengandung malware. Namun tidak semua iklan CPM itu membuat pengunjung lari, karena mungkin ada cara untuk mengatur tipe iklnnya. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat, kita bisa survey sendiri dengan blog yang kita miliki, tapi jangan blog utama yah.

Penutup

Begitulah sulitnya mencari uang, kadang blog kita sudah ramai dan menghasilkan banyak uang, tiba tiba saja pengunjung kabur dan otomatis pendapatan juga kabur. Tetapi semua itu hanya ujian untuk kita, agar kita bisa lebih berusaha keras untuk memulainya dari awal.

Terima kasih, sampai jumpa.

2 Responses to "Benarkah Iklan CPM Membuat Pengunjung Blog kabur ?"

countelez wanto said...

Berarti iklan CPM yg tidak terlalu mengganggu PopCash ya sob

Kolizt Tebayolls said...

wanto@ ya tergantung pengunjungnya si gan :). kalau menurut ane sih tidak mengganggu

Post a Comment

Mohon jangan letakkan link aktif di isi komentar yahh.